• Latest News

    Thursday, March 10, 2016

    Kerja Hebat Atasi Kereta Telat

    Petugas Kereta Api / Luthfi NsMagz

    Beritaseharian.com - Dua kali berkisah tentang kereta, dua kali pula Iwan Fals menghembuskan udara panas lewat nyanyiannya. Salah satunya adalah saat ia bertanya, sekaligus judul lagunya, "Kereta tiba pukul berapa?"

    Dari judulnya sudah langsung kentara suasana batin Iwan Fals. Ia senewen karena kereta yang dinanti-nantinya mengalami keterlambatan. Apa penyebabnya, Iwan--dan para penumpang lainnya--tak mau menambah kerut dahi memikirkannya. Pastinya, Iwan seolah sempat hangus selama dua jam akibat terpanggang oleh bara rindu yang menyala-nyala pada sang belahan jiwa yang tak kunjung tiba.

    Senasib dengan Iwan, ada pula penumpang yang menggerundel karena telat sampai di sekolah, keburu lusuh di jalan, dan panik karena baterai handphone terlanjur habis sejak dari dalam gerbong.
    Harapan penumpang tidak banyak sebenarnya. Mereka, paling tidak, "hanya" ingin kereta beroperasi sesuai jadwal dan lancar selama di perjalanan. Dan otoritas perkereta-apian wajib berupaya memenuhi keinginan para pelanggannya itu.

    Tapi, ayo kita longok sejenak penyebab kereta terlambat. Bisa jadi karena ada kecelakaan, gangguan sinyal, genset tidak berfungsi, mesin atau lokomotif tidak bekerja normal, rel patah, dan lain-lain. Faktor alam dan kekeliruan manusia juga bisa berkontribusi terhadap kekacauan jadwal kereta. Seperti yang ditunjukkan tim peneliti dari Universitas Trunojoyo dan Institut Teknologi Sepuluh November, faktor manusia merupakan penyebab mayoritas kecelakaan kereta.

    Contoh lain, ambil misal, New Jersey. Di salah satu negara bagian Amerika Serikat itu, 58 persen dari 611 kegagalan operasi kereta adalah dikarenakan faktor manusia. Dan persentase itu dua kali lipat lebih tinggi daripada angka di tingkat nasional serta jauh lebih tinggi daripada di negara-negara bagian lainnya.

    Secara konkret, faktor kekeliruan manusia (human error) itu antara lain berupa gangguan perhatian petugas (baik masinis maupun kru di stasiun). Kerugian yang diakibatkannya adalah rusaknya lintasan rel maupun bagian mesin lainnya yang mencapai bilangan sepuluh juta dollar.

    Untunglah, semakin lama, animo masyarakat untuk menggunakan kereta semakin tinggi saja. Sekian ribu orang, terutama di Jakarta, bisa diyakinkan bahwa pindah dari kendaraan pribadi ke moda transportasi publik, yaitu kereta, sungguh-sungguh memberikan nilai tambah bagi para penggunanya.

    Kepercayaan itu tentu merupakan respon baik para penumpang terhadap keandalan kereta. Dan, kita bersyukur, kian andalnya kereta adalah buah manis dari kian mumpuninya personel di dalam rangkaian kereta, petugas stasiun, penjaga pintu lintasan kereta, serta segenap awak lainnya yang cancut tali wondo meningkatkan layanannya bagi para penumpang.

    ___________________________________
    Penulis : Reza Indragiri
    Foto      : Luthfi Fauzie


    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kerja Hebat Atasi Kereta Telat Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top