• Latest News

    Wednesday, March 2, 2016

    "Mata Hari" Spionase Wanita Tersohor, Semarakan Kota Lama, Semarang di MGM Cafe



    “Mata Hari” spionase wanita pada jaman perang dunia pertama, kembali menghidupkan Kota Lama Semarang yang telah redup setelah puluhan tahun. Lewat MGM (Marabunta Gedung Multiguna) Café, nama “Mata Hari” ikut menyemarakan Kota Lama Semarang.

    Menempati salah satu bangunan kuno yang berada di Kota Lama, dengan dua patung semut menjadi ciri khas dari bangunan yang berada di jalan Cendrawasih no 23 Kota Lama, yang berdekatan dengan Gereja Blenduk Semarang. Bangunan ini mempunyai muatan sejarah, yang dulunya tempat ini menjadi salah satu tempat penari erotis yang bernama “Mata Hari”.

    Nama aslinya Margaretha Geertruida Grietje Zelle. M yang juga dikenal sebagai spionase wanita tersohor di Eropa  pada zaman perang dunia pertama. Konon cerita nama gedung Marabunta sendiri sebenarnya dikaitkan dengan wanita “Mata Hari,” dan sekarang gedung ini disulap menjadi MGM Café & Gallery yang bernuansa Eropa.

    Tempat ini memang terkesan sangat berbeda, ketika dilihat dari jalan raya, tempat ini memang tidak terlihat seperti bangunan kuno. Tapi ketika berada didalamnya nuansa klasik terlihat jelas dari sajian interior khas Eropa yang berada didalam bangunan tersebut.

    Nuansa Bangunan Mirip Kapal Terbalik


    Uniknya langit-langit bangunan kuno ini terlihat seperti kapal terbalik yang semuanya dilapisi dengan kayu jati. Dengan konsep yang klasik tempat ini juga menambahkan berbagai koleksi barang antik  seperti motor tua dan barang elektronik kuno.
    Koleksi Motor Tua MGM Cafe

    Selain berfungi sebagai Café, tempat ini juga banyak digandrungi oleh berbagai macam komunitas seni dan budaya Semarang untuk berkumpul melakukan kegiatan acara didalamnya. Tempat ini juga gratis bagi mereka pegiat seni yang ingin mengadakan acara pentas seni.

    MGM Café yang juga menyediakan berbagai macam menu andalan yang disediakan untuk memanjakan para pelanggannya, dimulai dari sajian makanan, Chicken Steak, Bakso Rambut, MGM Firied Rice, Yin Yang Somay, dan Special Green Tea Waffle. Tak lengkap rasanya jika tidak ditambahkan menu minuman yang ada di MGM Café yaitu, Wedang Uwuh, Fruit Soup Yogurt, Matcha Latte Green Tea, dan Bir Temu Lawak untuk menu minuman favoritnya.
    Chicken Steak MGM Cafe


    Bakso Rambut MGM Cafe

    __________________________
    Penulis  :Abdul Gofar
    Foto     : Media Tawadhu






    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: "Mata Hari" Spionase Wanita Tersohor, Semarakan Kota Lama, Semarang di MGM Cafe Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top