• Latest News

    Wednesday, March 16, 2016

    Merapi Lava Tour, Napak Tilas Peninggalan Prahara Sang Merapi



    Merapi Lava Tour - Tomy
    Beritaseharian.com - Merapi tak pernah ingkar janji. Begitulah kata orang-orang. Usai erupsi besar yang terjadi pada tahun 2010, gunung teraktif di dunia ini mulai menunjukkan berkahnya bagi warga sekitar. Setelah statusnya yang aman, wisatawan yang penasaran akan keganasan erupsi Merapi mulai berbondong-bondong mengunjungi tempat ini.

    Merapi Lava Tour - Bagus

    Berkesempatan mengunjungi pasca haru biru sang Merapi, menggunakan JEEP Wisata Toyota Land Cruiser Merapi, menyusuri lereng Merapi, mulai dari Kaliurang, Kinahrejo, Kalikuning, hingga bunker Kaliadem yang pernah menewaskan 2 orang relawan saat erupsi Merapi tahun 2006.

    Perjalanan menggunakan jeep dan berbagai kendaraan adventurer ini akan sangat menyenangkan sekaligus menantang. Di sepanjang jalan wisatawan dapat menyaksikan sisa-sisa keganasan erupsi Merapi yang meluluhlantakkan Kinahrejo dan sekitarnya. Bekas hunian warga yang ambruk, timbunan material vulkasik berupa pasir dan kerikil, serta batu-batu berukuran besar yang dimuntahkan dari perut Merapi bisa ditemui di sepanjang jalan. Menyusuri jalan pulang, wisatawan akan diajak melewati jalur offroad yang sangat menantang dan mengguncang perut.

    Museum Sisa Hartaku

    Merapi Lava Tour - Tomy
    Pos pemberhetian pertama adalah Museum Sisa Hartaku, di sebuah rumah yang dijadikan museum, bernama Museum Sisa Hartaku. Barang-barang di rumah tersebut itu hancur. Sebuah sepeda motor meleleh, tinggal kerangkanya saja. Panci-panci, televisi, uang logam, dan botol seolah meleleh dan mencair terkena awan panas Merapi, banyak dari pengunjung yang mengabadikan momen-momen langka di dalam Museum Sisa Hartaku, di sisi kanan museum terdapat juga sebuah tembok yang berisi pesan merapi dengan diujung tembok tersebut tedapat sepeda yang tinggal rangkanya saja.

    Merapi Lava Tour - Tomy
    Disini terlihat betapa ganasnya awan panas Sang Merapi, semua barang luluh lantah tak berdaya, ada sebuah Al-Quran yang terlihat masih utuh tak terbakar yang dipajang dalam Museum Sisa Hartaku.

    Batu Alien

    Kekuatan letusan Merapi juga terlihat di Dusun Jambu. Di dusun ini ada sebuah batu besar hampir sama besarnya dengan sebuah truk kecil yang terlontar dari mulut Merapi. Batu alien merupakan batu unik seperti wajah manusia dengan ukuran yang sangat besar terletak dipinggir Sungai Gendol dan masuk di Dusun Jambu. Dan menariknya lagi, batu ini menurut kepercayaan masyarakat setempat mempunyai kekuatan magis.


    Bunker Merapi Yang Tak Berdaya

    Merapi Lava Tour - Tomy
    Tidak jauh dari situ terdapat bungker Kali Adem yang rusak parah. Pada erupsi 2008 ada dua orang yang tewas tertimbun didalam. Bungker tersebut pernah menjadi tempat berlindung jika tiba-tiba ada awan panas yang dikeluarkan dari Merapi. Namun, setelah erupsi, bungker itu tidak digunakan lagi.

    Merapi Lava Tour - Tomy
    Napak Tilas dengan laju kendaraan di medan yang keras dan berdebu juga menjadi suguhan pamungkas setelah pengunjung  meninggalkan bunker di Kaliadem, Perjalanan wisata ke Merapi kini tak lagi hanya sekedar berkemah atau mendaki, tapi juga menikmati sensasi di sepanjang rute jalan yang disapa murka Merapi, sudah sepatutnya sebagai makhluk semesta alam kita menjaga seluruh flora dan fauna agar ada keberlangsungan derajat hidup manusia dan alam yang bersatu padu, tanpa ada yang serakah dan tanpa ada pula yang merusak, alam kita adalah alam anak cucu kita di kemudian hari, sekali lagi

    Merapi Lava Tour - Tomy
    “Merapi Tak Penah Ingkar Janji”.
    ______________________________________
    Penulis : Pramdia Arhando
    Foto      : Tomy - Bagus

    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Merapi Lava Tour, Napak Tilas Peninggalan Prahara Sang Merapi Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top