• Latest News

    Monday, March 28, 2016

    Panorama Gunung Papandayan, Zona Favorit Pendaki Pemula


    Panorama Gunung Papandayan


    Beritaseharian.com - Papandayan (2.665 Mdpl) merupakan gunung yang terletak di provinsi Jawa Barat ini menghadirkan  pemandangan yang sangat sayang bila kita lewatkan. Perjalanan menuju Gunung Papandayan dapat di tempuh menggunakan mobil ataupun kendaraan bermotor dari Desa Cisurupan menuju Camp David (bascampe/registrasi) Gunung Papandayan.

    Panorama Gunung Papandayan
    Untuk biaya registrasi dan kebersihan dikenakan biaya sekitar 10-15 ribu rupiah/orang. Sepanjang perjalanan menuju Camp David kita dapat melihat indahnya Gunung Guntur dari kaki Gunung Papandayan yang terlihat amat cantik. Perjalanan start pendakian dimulai dari Camp David dengan perjalanan bebatuan yang kemudian melewati kawah belerang. Gunung Papandayan dikenal sebagai salah satu gunung yang memiliki kawah yang cukup menyengat dengan aroma gas belerangnya. Untuk itu sangat diharapkan bagi para pendaki menggunakan masker (penutup mulut/hidung) ketika melewati kawasan kawah Gunung Papandayan.

    Hutan Mati Gunung Papandayan
    Gunung Papandayan memiliki jalur pendakian yang terbilang cukup landai dan tidak terlalu terjal, jadi sangat cocok bagi anda yang ingin merasakan sensasi mendaki gunung untuk pertama kalinya. Meski bisa dikatakan sebagai gunung yang diperuntukan bagi para pendaki pemula, namun keindahannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Hamparan bunga Edelweiss di Tegal Alun, dan suasana eksotis serta mistis diarea Hutan Mati yang begitu menawan membuat Gunung Papandayan menjadi salah satu primadona diantara gunung-gunung yang ada di provinsi Jawa Barat.

    Bunga Edelweiss Gunung Papandayan
    Nah, Bagi anda yang hendak mendaki Gunung Papandayan ini namun masih bingung mengenai perbekalan konsumsi dan tempat MCK saat sampai camp tempat peristirahatan/kemah (Pondok Salada) yang amat luas. Anda tidak perlu khawatir, karena Gunung Papandayan ini cukup “unik” karena tersedia kamar mandi dan warung yang menjual makanan di Pondok Salada. Bahkan bila cuaca baik pada malam hari, anda akan mendapatkan bonus pemandangan jutaan bintang dilangit sambil ditemani api unggun yang sudah tersedia dibuat oleh pemilik warung.

    Pendaki Gunung Papandayan
    Tak jauh dari Pondok Salada terdapat kawasan Hutan Mati yang menjadi spot yang bagus untuk pemotretan atau ingin berkesempatan melihat matahari terbit. Tidak hanya itu, icon lain yang juga tidak kalah menarikya dari Gunung Papandayan yaitu Tegal Alun. Hamparan padang bunga Edelweiss bermekaran di Tegal Alun yang dapat memanjakan mata seolah tak ingin kembali ke rumah.

    Keindahan Gunung Papandayan sudah tidak diragukan lagi.

    Panorama Gunung Papandayan
    Tak sedikit para pendaki berulang kali ingin kembali mendaki Gunung Papandayan ini. Meski sudah dimanjakan dengan adanya fasilitas yang amat cukup. Namun seorang pendaki juga harus dibekali dengan mental dan fisikyang cukup untuk pertahanan tubuh. Dan yang terpenting tidak lupa akan solidaritas serta doa untuk keselamatan bersama.

    ______________________________________
    Penulis : Meyda
    Foto      : Meyda

    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    2 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Panorama Gunung Papandayan, Zona Favorit Pendaki Pemula Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top