• Latest News

    Thursday, March 3, 2016

    Pesona Pok Tunggal di Tepian Samudera Indonesia


    Pantai Po Tunggal Gunung Kidul


    Beritaseharian.com - Sudah bosan dengan pantai parangtritis Yogyakarta? Gunungkidul menjadi jawabannya, tepatnya di pantai Pok Tunggal Gunungkidul yang menawarkan sejuta pesona keindahandan panorama laut yang berbeda dari sekian banyak wisata pantai di Gunungkidul.

    Pesona keindahan puluhan pantai yang membentang sepanjang pesisir Gunungkidul Yogyakarta seolah menjadi surga tersembunyi di balik gugusan perbukitan kapur dari Pegunungan Sewu. Gunungkidul dikenal sebagai daerah tandus dan sering mengalami kekeringan di musim kemarau, namun dibalik itu Gunungkidul menyimpan kekhasan sejarah yang unik, selain potensi pariwisata, budaya, maupun kulinernya.

    Suasana Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul


    Pok Tunggal sebagai salah satu destinasi wisata pantai yang ikonik di mana terdapat pohon Duras yang tumbuh dan menjadi simbol di bibir Pok Tunggal, perjalanan dari pusat kota Yogyakarta ke Pantai Pok Tunggal Gunungkidul terbilang cukup mendebarkan, terutama setelah melewati Kota Wonosari menuju lokasi pantai, jalan yang berkelok dan naik turun perbukitan menjadi hiasan selama perjalanan, bahkan seteleh mencapai pintu masuk pantai akan menapaki perjalanan yang terjal dengan beralaskan batu batu karang yang dihancurkan, sesekali jalanan menikung tajam bak sirkuit balap yang memicu adrenalin, dengan bongkahan karang-karang besar menjorok tepat di atas kepala, tetapi ketahuilah bahwa rasa penat dan lelah seakan terbayar tuntas, seperti pepatah mengatakan “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian” dengan keelokan pemandangan sejauh mata memandang horizon di kawasan wisata Gunungkidul yang satu ini.

    Hamparan pasir putih yang membentang luas, lautan yang membiru, semilir angin laut yang menghempas tubuh seakan menjadi ucapan selamat datang di Pantai Pok Tunggal, rasa tenang dan damai larut dalam suasana yang nyaman.

    Pemandangan Pantai Pok Tunggal dari atas Bukit
    Di tepi pantai berdiri kokoh sebuah pohon Duras yang saat ini menjadi ikon wisata Pantai Pok Tunggal Gunungkidul. Inilah satu-satunya pohon (pohon tunggal) yang konon menjadi inspirasi pemberian nama pantai ini menjadi Pok Tunggal, yang artinya “Pohon Tunggal”.

    Pesona Pantai Pok Tunggal Gunungkidul bukan hanya terletak dari pantai dan pohon Duras itu sendiri tapi juga terletak pada deretan tebing-tebing tinggi dan terlihat kokoh membentengi pantai dari dunia luar. Tebing yang berdiri tegak lurus seakan menjadi pagar yang abadi dan melindungi ekosistem di pantai ini.

    _________________________________
    Penulis : Pramdia
    Foto      : Media Tawadhu / NsMagz
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pesona Pok Tunggal di Tepian Samudera Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top