• Latest News

    Monday, March 28, 2016

    Ragam Wisata Pekalongan, World's City of Batik

    Linggo Asri Pekalongan
    Beritaseharian.com - Siapa sih yang tak kenal dengan kota yang berjulukan sebagai kota batik ini? iya kota itu adalah Pekalongan. Kota Pekalongan berada di Jawa Tengah tepatnya di bagain Pantai Utara Jawa atau banyak orang menyebutnya Pantura.

    Landmark Batik Pekalongan
    Batik sendiri selain sebagai salah satu mata pencaharian pokok warga Pekalongan juga termasuk singkatan dari Bersih, Aman, Tertib, Indah dan Komunikatif. Batik pun telah mendarah daging bagi warganya, mereka menggunakan batik dalam kehidupan sehar-hari. Jantung kehidupan kota Pekalongan adalah Batik.

    Tugu Pekalongan

    Sebagai kota Batik tentunya kota Pekalongan mempunyai museum Batik yang beralamat di Jalan Jetayu No.1 Pekalongan, Jawa Tengah. Didalamnya menyimpan berbagai jenis batik dan alat-alat yang digunakan untuk membuat batik. Bagi para pengunjung bisa juga belajar disini dipandu oleh perajin batik.

    Museum Batik Pekalongan
    Selain terkenal dengan batiknya kota Pekalongan juga terkenal dengan wisata lautnya. Salah satu pantai yang terkenal adalah pantai Slamaran. Banyak mitos yang beredar dikalangan masyarakat Pekolangan pantai ini dihuni oleh seorang putri cantik bernama Dewi Lanjar. Tak hanya pantai Slamaran saja tentunya ada juga pantai Pasir Kencana.

    Pantai Pasir Kencana Pekalongan


    Pantai Pasir Kencana ini lokasinya tidak jauh dari museum batik. Pantai ini dikelolah oleh Pemerintah setempat dan berbatasan langsung dengan Tempat Pelelangan Ikan atau Pelabuhan Perikanan Nusantara di Pantai Utara Jawa.

    Berbicara lokasi dan tempat wisata kurang lengkap apabila tidak membahas soal makanan khas Pekolangan. Di Pekalonga kurang lengkap apabila belum menyantap Nasi Megono. Makanan ini di olah dengan menggunakan nangka yang masih muda dan juga di beri parutan kelapa dan di tambahi dengan sereh dan juga daun kecombrang. Jika ingin makan nasi megono ini, yang bisa menjadi rekomendasi adalah rumah makan yang ada di jl. H.A Salim. Untuk bisa mencicipi makanan nasi mengono ini hanya di banderol dengan harga Rp.10.000 saja.

    Nasi Mengono Pekalongan
    Nah itu tadi informasi sedikit mengenai kota Pekalongan. Bagi yang ingin kesana tak usah khawatir, Pekolongan menyimpan sejuta keindahan destinasi menarik untuk dikunjungi.

    ___________________________________________
    Penulis : M. Rohim
    Foto      : Berbagai Sumber

    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ragam Wisata Pekalongan, World's City of Batik Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top