• Latest News

    Thursday, March 3, 2016

    Wecare.id Buat Beramal Semudah Belanja Online

    wecare.id
    Beritaseharian.com - Di dalam wawancara ekslusif bersama Gigih Septianto, Co-Founder
    & Operations WeCare.id menjelaskan cikal bakal terbentuknya aplikasi We- Care.id, sebuah portal penggalangan dana khusus untuk membantu kebutuhan biaya kesehatan bagi pasien yang belum mendapatkan fasilitas BPJS secara optimal.

    wecare.id
    Apakah pernah terbayang untuk terjun di perpaduan dunia teknologi dan sosial?

    Dulu waktu kecil lebih sering kepikiran untuk teknologi saja dan cita-citanya jadi “kayak Bill Gates”, tapi sejak kuliah saya melihat fenomena yang menarik dimana gerakan pemuda sedang sangat dinamis sekali, tidak seperti era 98 dimana gerakan pemuda sifatnya vertikal dan mencoba menekan isu-isu di ranah politik dan elit, namun ketika saya kuliah banyak pemuda  mulai membangun dan menginisiasi gerakan sosial mereka sendiri secara horisontal, isu yang mereka coba selesaikan-pun bervariasi mulai dari pengembangan pemuda, lingkungan, hingga kesehatan, disitulah saya mulai mengenal istilah “inovasi sosial”.

    Saya merasa di balik menariknya belajar dan berkuliah di bidang IT menurut saya ada kehambaran dan kegelisahan disitu, kami jarang sekali ter-expose langsung dengan isu-isu ke- manusiaan, pada umumnya semuanya diarahkan untuk menjawab kebutuhan industri baik secara skill maupun invention. Berbeda misal dengan kedokteran yang secara alamiah dalam pekerjaannya dapat bertemu dan berinteraksi dengan banyak pasien untuk menjawab kebutuhan dasar mereka akan layanan kesehatan. Dari kegelisahan itulah saya mencoba untuk mengeksplorasi apa yang menjadi identitas kepakaran saya di bidang IT dengan inovasi sosial.

    Ceritakan mengenai satu pasien yang berkesan!

    Ada seorang pasien bernama Emanuel dari NTT, ia mengalami patah tulang pada bagian paha kiri dan kaki kiri bawah lima bulan yang lalu akibat kecelakaan saat mengendarai motor. Sayangnya, karena kepercayaan Emanuel dan masyarakat sekitar mengenai dukun dan pengobatan
    tradisional sangat kuat, akhirnya Emanuel mengurungkan niat untuk berobat ke dokter dan memilih jalur pengobatan tersebut.

    Setelah 4 bulan berlalu, kakak Emanuel melihat keadaan Emanuel yang semakin parah dan memaksa Emanuel untuk berobat ke rumah sakit. Setelah bertemu dengan dokter, dikatakan bahwa jaringan di sekitar bagian tulang yang patah sudah mati dan dapat membuat jaringan lain sekitarnya lebih buruk sehingga bagian tersebut perlu diamputasi dengan dilakukan tindakan operasi oleh dokter bedah.

    Setelah biaya terpenuhi melalui WeCare, ia bertekad akan segera mengurus kepemilikan JKN serta akan mengedukasi masyarakat sekitar untuk berobat ke dokter dan bukan ke dukun apabila mengalami patah tulang.

    Apa yang orang lain tidak ketahui tentang-mu?

    Saya tidak pernah minum kopi seumur hidup. Hehe.

    Apa motto hidup-mu?

    “Work on something that you care about more than yourself.”

    Saya percaya bahwa dorongan/ determinasi terbesar seseorang untuk bergerak adalah timbulnya
    rasa kepedulian (care) terhadap suatu sebab, baik itu permasalahan sosial, pekerjaan, atau kepedulian kita kepada orang-orang terdekat. Semangat altruisme biasanya tumbuh seiring dengan terpupuknya empati terhadap seseorang.

    3 cara untuk berpartisipasi:

    1.Medikator: para dokter/ petugas kesehatan di daerah terpencil yang menemukan pasien yang butuh pelayanan kesehatan atau dibantu kepengurusan BPJS/JKN.

    2.Katalis: masyarakat awan yang melakukan pencarian / menemukan pasien yang membutuhkan bantuan untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

    3.Donatur: Siapa saja bisa berdonasi melalui website WeCare.id mulai dari Rp 25,000

    Penasaran ingin berbagi untuk sesama ? Klik disini

    _______________________________________
    Penulis : William Lukman (Wawancara Ekslusif NsMagz Bersama Gigih R. Septianto)
    Foto      : Dok.wecare
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wecare.id Buat Beramal Semudah Belanja Online Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top