• Latest News

    Thursday, May 26, 2016

    Menilik Pasar Terapung Lok Baintan, Warisan Budaya Kesultanan Banjar Yang Eksis Hingga Kini

    Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan - Pramdia
    Beritaseharian.com, Banjarmasin - Sebagai negara yang dianugerahi Sumberdaya Alam yang melimpah dan memiliki segudang Panorama memukau, Indonesia memiliki lokasi menarik dan wisata yang tersebar diseluruh penjuru negeri.

    Panorama Matahari Terbit di Sungai Martapura Kalimantan Selatan - Pramdia
    Bukan sesuatu yang sulit mencari tempat yang menarik dan indah di Bumi Nusantara, tinggal pilih ingin mencari lokasi yang bernuansa sejarah, alam, cagar budaya, kuliner, belanja,  keunikan hingga wisata religi, semua tersedia di Indonesia.

    Tak pelak hal ini menyimpan ribuan kisah dari berbagai tempat wisata di Indonesia, kali ini Berita Seharian akan membahas tempat wisata yang unik dan juga sangat jarang di Indonesia yaitu, Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin Kalimantan Selatan.

    Aktivitas Jual Beli Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan - Pramdia
    Berbicara mengenai perjalanan unik dan menarik, maka salah satu lokasi yang bisa dijadikan sebagai objek perjalanan pilihan bagi anda adalah Lok Baintan. Lok Baintan sendiri masih termasuk dalam wilayah Banjarmasin yang masyarkat kenal dengan julukan Kota Seribu Sungai, sebab terdapat banyak sekali sungai yang pada akhirnya menjadi salahsatu jalur dan urat nadi aktifitas dari para warganya.

    Pasar Terapung Lok Baintan atau Pasar Terapung Sungai Martapura adalah sebuah pasar terapung tradisional yang berlokasi di desa Sungai Pinang (Lok Baintan), kecamatan Sungai Tabuk, Banjar. Secara umum, Pasar Terapung Lok Baintan tak beda dengan Pasar Terapung di muara Sungai Kuin/Sungai Barito. Keduanya sama-sama pasar tradisional di atas jukung yang menjual beragam dagangan, seperti hasil produksi pertanian/perkebunan dan berlangsung tidak terlalu lama, paling lama sekitar tiga hingga empat jam. Pasar terapung ini sudah ada sejak zaman Kesultanan Banjar.

    Pesisir Sungai

    Panorama Matahari Terbit di Sungai Martapura Kalimantan Selatan - Pramdia
    Di sepanjang pesisir aliran Sungai Martapura Lokbaintan terlihat konvoi perahu menuju lokasi pasar terapung. Perahu ini milik pedagang dan petani yang akan memasarkan hasil kebun mereka. Mereka berasal dari berbagai anak Sungai Martapura, seperti Sungai Lenge, Sungai Bakung, Sungai Paku Alam, Sungai Saka Bunut, Sungai Madang, Sungai Tanifah, dan Sungai Lok Baintan.

    Untuk menuju pasar terapung Lok Baintan dari pusat kota bisa ditempuh dengan dua alternatif. Alternatif pertama menyusuri sungai Martapura dengan menggunakan klotok, sejenis sampan bermesin. Dengan klotok, perjalanan dari pusat kota menuju pasar terapung terbilang cepat karena membutuhkan waktu 30 menit. Tarif sewa dari sini sekitar Rp. 200.000 sampai Rp. 250.000 tergantung kita menawar dengan pemilik kelotoknya.

    Alternatif kedua dengan menggunakan kendaraan darat seperti mobil. Namun, untuk alternatif kedua membutuhkan waktu lebih panjang yakni satu jam untuk mencapai pasar terapung. Hal itu disebabkan medan perjalanan yang cenderung berat dan berliku-liku.

    Sensasi Belanja di Pasar Apung

    Salah satu penjual buah di Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan - Pramdia
    Aktivitas perdagangan dimulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 09.30 WITA. Pedagangnya didominasi perempuan dengan memakai tutup kepala (tanggui). Mereka menjual berbagai dagangan, seperti sayur-mayur, buah-buahan, kue-kue tradisional, dan lain-lain. Di pasar terapung ini masih berlaku sistem barter, dan uang bukan merupakan alat transaksi utama di pasar terapung ini.

    Uniknya, Pasar Terapung Lok Baintan Merupakan satu-satunya pasar terapung yang masih alami di Indonesia bahkan Dunia, Pasar Terapung Lok Baintan terletak di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

    Ini Indonesia!
    Aktivitas jual beli umumnya, dagangan yang akan dibarter adalah hasil bumi berupa sayur mayur dan buah-buahan. Besaran dan keberimbangan jumlah hasil barter tergantung kesepakatan antarkedua belah pihak. Jika sepakat, maka masing-masing akan mendapatkan barang sesuai keinginan dan selanjutnya digunakan untuk keperluan pribadi di rumah.

    Pesona Keunikan Floating Market Lok Baintan adalah aktivitas jual beli dan dilakukan diatas air, bukan pekara mudah, melainkan butuh keahlian dan tenaga yang cukup untuk menggunakan perahu kecil tersebut, umumnya para ibu sudah mahir dan cukup lihai dalam mendayung perahunya.



    Satu hal yang perlu dicatat, masyarakat di pesisir Pasar Terapung Lok Baintan ini sangat ramah dan welcome bagi para pelancong yang tengah berwisata, dan jangan lupa siapkan uang untuk merasakan sensasi belanja di pasar terapung ini.

    ________________________________________
    Penulis : Pramdia Arhando Julianto
    Foto      : Pramdia

    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Menilik Pasar Terapung Lok Baintan, Warisan Budaya Kesultanan Banjar Yang Eksis Hingga Kini Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top