• Latest News

    Friday, September 9, 2016

    Kini Terminal 3 New Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Sudah Nyaman Lho!

    Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten - Beritaseharian

    TANGERANG, BERITASEHARIAN.com - Seiring peningkatan jumlah penumpang dari dan menuju Ibukota Jakarta membuat pemerintah memberanikan diri membangun terminal penumpang yang representatif nan megah, tak hanya itu terminal 3 baru juga digunakan sebagai terminal transit internasional maupun beberapa penerbangan domestik dengan maskapai plat merah Garuda Indonesia.

    Aktivitas penumpang di Terminal 3
    Dengan kapasitas 25 juta penumpang per tahun terminal tiga ini menelan biaya pembangunan sebesar Rp 5,4 triliun, hingga saat ini tahapan pembangunan masih terus berjalan seiring dengan pengoperasian terminal 3 tersebut,sebelumnya terminal 3 baru ini akan dioperasikan sepenuhnya pada Maret 2017.

    Meski Indonesia belum mempunyai arsitek bandara berpengalaman, T3 Soekarno-Hatta merupakan proyek pembangunan terminal udara yang dilakukan oleh anak bangsa. Ini sebuah kemajuan, mengingat T1 dan T2 Soekarno-Hatta ketika dibangun merupakan buah tangan arsitektur Prancis yang pembangunannya berlangsung 1975-1986.



    Tak hanya sekedar karya anak bangsa, T3 juga menampilkan karya seni dari para seniman ternama tanah air, dengan total luas terminal kurang lebih 422 hektar, di dalam bangunan T3 Soekarno Hatta menampilkan beberapa karya seni lukis dari pelukis Indonesia yang sudah mendunia. Sebut saja Sudono W. Kusumo, Eko Nugroho, Angki Prubandono, Indieguerillas dan masih banyak lagi.

    Tak Ketinggalan, Bapak Bangsa pun ada di Terminal 3
    Menariknya sebelum diangkat menjadi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kala itu masih menjabat Direktur Utama Angkasa Pura II mengatakan, Indonesia masih terpuruk dalam hal fasilitas penerbangan udara utamanya bandar udara dan terminal penumpang.

    "Sekarang ini kita begitu terpuruk, tapi kita ingin bangkit supaya Bandara Soetta bisa menyamai atau menyaingi Singapura dan Malaysia," ungkapnya.

    Perlahan kian pasti, keberadaan T3 menjadi marwah tersendiri bagi negara dan jati diri bangsa Indonesia, dibangun dengan tangan-tangan terampil anak bangsa, terminal itu kini berdiri megah dengan segala kecanggihannya.

    Nyaman itu butuh proses....

    Pantauan Berita Seharian, pada pekan ini, fasilitas yang berkaitan dengan penumpang sudah berjalan dengan baik, mulai dari petunjuk arah dari dan menuju T3 hingga di tempat keberangkatan dan kedatangan, rambu-rambu lalu lintas juga sudah terpasang dengan jelas.

    Counter Check In Garuda Indonesia, Sangat Nyaman Bukan ?
    Deny (25)salah satu penumpang yang menggunakan T3 mengungkapkan, setelah sebelumnya mengalami banyak kendala seiring waktu T3 sudah melayani penumpang dengan baik.

    "Iya sekarang sudah nyaman, semua penunjuk fasilitas seperti counter check in, toilet, musholla, tempat makan, minum, informasi layar penerbangan sudah berjalan dengan baik, tinggal masyarakat aja nih yang harus menjaga, saya bangga juga Indonesia punya terminal semegah ini," ucap Deny.

    Arus Lalu Lintas

    Jalur keberangkatan di Terminal 3
    Jika sebelumnya T3 mengalami kemacetan di saat keberangkatan dan kedatangan hal ini sudah tidak lagi terjadi penumpukan kendaraan, seiring dengan sosialisasi gedung parkir yang disediakan, hingga pelebaran jalur kedatangan dan dibantu denga patrolli aparat keamanan bandara.

    Petunjuk Arah di Terminal 3
    Terminal Penumpang

    Pada hari pertama pengoperasian sempat mengalami beberapa kendala, mulai dari papan petunjuk penumpang ke conter check in hingga menuju ruang tunggu pesawat, hal ini sudah tidak terjadi seiring dengan dilengkapinya papan penunjuk arah yang jelas.



    Untuk tenant baik makanan, minuman hingga pernak pernik, kain batik juga sudah tersedia, bagi anda yang akan menggunakan terminal ini tak perlu khawatir bila tidak sempat membawa maka atau minum, semua sudah tersedia. adapun toilet serta musholla juga sudah siap melayani para pengguna T3. Jika mengalami kendala atau kebingungan ada petugas dara-dara cantik duta bandar atau customer service mobile siap membantu anda.

    On time performance



    Sejak pengoperasian hari pertama T3, Garuda indonesi sempat mengalami delay yang cukup parah, saat ini tingkat on time performance Garuda Indonesia sudah kembali normal.

    Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Benny Butar Butar mengatakan, tingkat ketepatan waktu penerbangan di Terminal 3 selama sebelas hari 88-92 persen.

    "Sehari penuh sudah mulai kembali ke standar normal," ujarnya.

    Sementara itu, pihak pengelola bandara Angkas Pura II bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI), akan membangun kereta bandara dengan rute Manggarai-Dukuh Atas-Bandara Soetta di tahap I. Harapannya fasilitas bandara semakin lengkap dengan fasilitas perpindahan penumpang atau people mover yang akan menghubungkan satu terminal dengan terminal lainnya.

    "Demi kita punya bandara yang membanggakan. Karena bandara adalah beranda Indonesia. Jadi kita mau memajukan bandara-bandara  untuk kemajuan bangsa," Budi Karya Sumadi.

    Dengan beberapa perbaikan dan peningkatan pelayanan di T3 Bandara Soekarno Hatta,sudah sepatutnya kita sebagai bangsa Indonesia menghargai hasil karya anak bangsa, dengan merawat dan menjaga fasilitas negara berarti menjaga rasa nasionalisme dalam memiliki sebuah bangsa yang bernama Indonesia.

    Galeri Foto

    Ada yang kenal wajah ini ?




      
    Gadget Lowbat ? tenang T3 sudah siap...

    Jalur Kedatangan T3 bebas macet...



    Butuh informasi penerbangan ?semua tersedia

    Capek habis terbang ? bisa kongkow dulu di taman, tenang sekarang sudah tidak ada banjir


    Pramdia Arhando



    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kini Terminal 3 New Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Sudah Nyaman Lho! Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top