• Latest News

    Thursday, November 24, 2016

    Mengubah Persepsi Pemuda tentang Budaya


    Compac Organizer akan menyelenggarakan seminar bertajuk Culture Meets Technology pada hari ini di Museum Joang 45, Menteng Jakarta Pusat pada Sabtu 26 November 2016 mendatang. Event ini diselenggarakan untuk dapat meningkatkan kesadaran kalangan muda dalam melestarikan kebudayaan Indonesia. Dalam seminar yang dihadiri oleh mahasiswa ini, penyelenggara akan menghadirkan Muhammad Afthon yang merupakan pendiri Kertanusa sebagai narasumbernya.
    Mencoba mengangkat budaya sebagai tema besar, seminar Culture Meets Technology mencoba menarik minat para mahasiswa untuk bisa berperan aktif melestarikan budaya. Pada salah satu sesinya, memaparkan peran teknologi dan juga industri kreatif di Indonesia terhadap kebudayaan. Acara yang diminati oleh setidaknya 100 orang mahasiswa ini mencoba untuk menggabungkan unsur teknologi sebagai ide utamanya dalam membawa kebudayaan ke level yang berbeda. Muhammad Afthon, pendiri Kertanusa yang juga narasumber seminar memaparkan, “Globalisasi yang ada saat ini tidak perlu dilihat sebagai ancaman kepada warisan budaya dan pariwisata kita, namun bisa dijadikan sebagai peluang”. Ia juga mengemukakan bahwa banyak cara untuk mengimplementasikan teknologi dalam mempromosikan kebudayaan. “Bisa dengan membuat produk fashion, video game, animasi, membuat museum interaktif, bahkan juga mendigitalisasikan naskah-naskah kuno” , papar Muhammad Afthon.
    “Seminar ini kami adakan dengan harapan memberikan sudut pandang yang berbeda kepada rekan mahasiswa dalam mempromosikan kebudayaan. Kami merasa bahwa banyak yang tidak menyadari potensi besar teknologi untuk dikolaborasikan dengan promosi pariwisata dan juga kebudayaan” papar Rini Setyaningsih, ketua panitia seminar Culture Meets Technology. Rini juga mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini agar bisa memberikan inspirasi bagi rekan-rekan mahasiswa bahwa mereka dapat mengeksplorasi teknologi yang ada untuk tujuan pelestarian budaya. Acara seminar ini diselenggarakan oleh komunitas Compac Organizer. Komunitas ini merupakan kumpulan mahasiswa Universitas Mercu Buana kelas karyawan di bidang studi Public Relations. Kumpulan dari 11 orang mahasiswa ini memiliki keyakinan bahwa acara ini mampu mendobrak paradigma teknologi yang tadinya bertolak belakang dengan budaya menjadi hal yang bisa dikolaborasikan.

    Contact :
    Nala Afni Putri
    HP: 0812 1811 2577



    ________________________________________________
    Tim Berita Seharian
    Khairunnisa Dwi Astyatika

    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mengubah Persepsi Pemuda tentang Budaya Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top