• Latest News

    Thursday, December 22, 2016

    Kenalkan Ikan Sejak dini sebagai bentuk Pengabdian, Karamba FPIK Unpad Gelar INTECHNOCULTURE


    Beritaseharian.com - Komunitas Mahasiswa Budidaya (Karamba) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran berkolaborasi dengan Parahyangan Betta Community (PBC) menggelar kegiatan “Betta Contest” yang setiap tahun diadakan.  Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang ikan cupang serta memberikan tempat untuk para hobis ikan cupang untuk unjuk gigi. Tahun ini merupakan kali ketiga kegiatan ini diadakan, tema pada tahun ini adalah intechnoculture. Intechnoculture adalah singkatan dari inovation technology aquaculture dimana kegiatan ini terdiri dari berbagai macam acara yaitu seminar nasional, lomba mewarnai, dan kontes cupang.



    Kegiatan yang bertujuan mempererat jalinan kerjasama antar penggemar ikan cupang ini, memberikan pemahaman terhadap masyarakat mengenai ikan cupang karena kebanyakan masyarakat masih menganggap bahwa ikan cupang hanya untuk diadu tanpa dilihat dari keindahannya. Kegiatan ini merupakan acara kedua dari intechnoculture yang sebelumnya adalah “Seminar Nasional” yang diadakan pada tanggal 15 November 2016 di Balai Santika  Universitas Padjadjaran, kemudia dilanjutkan acara berikutnya yaitu “Lomba Mewarnai Ikan Cupang” yang diselenggarakan di Lapangan Bulutangkis Bale Santika Universitas Padjadjaran pada tanggal 18 November 2016. Acara ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari siswa-siswi SD kelas 1 dan 2, terbukti dari banyaknya jumlah peserta yang mendaftar yaitu mencapai 170 siswa-siswi dari Bandung dan Jatinangor, kegiatan ini ditutup dengan acara “Betta Contest” yang diselenggarakan pada tanggal 17-18 November 2016 di Lapangan Basket Bale Santika Universitas Padjadjaran. Kontes ini berskala nasional yang diikuti oleh peserta dari berbagai kota diseluruh Indonesia. Total ikan cupang yang dikonteskan mencapai 734 ekor.

    “Diharapkan kegiatan ini berkelanjutan dan tidak hanya sebatas kontes ikan cupang saja tetapi ikan hias yang lain, sehingga masyarakat bisa membudidayakannya dan membantu perekonomian masyarakat Jatinangor”, ujar Rizki Sopiana selaku warga Jatinangor.

     “Dengan adanya kontes cupang ini secara tidak langsung kita dapat meningkatkan perekonomian para pembudidaya ikan cupang karena para hobis kebanyakan membeli ikan di para pembudidaya” ujar ketua UKMF Karamba FPIK Unpad, Sudarsa Detrik


    “Kontes ikan cupang terdiri dari 57 kategori dengan 5 kelas yaitu Kelas Serit, Halfmoon, Plakat, Giant (Super Junior, Junior, Senior) dan Baby (Serit, Halfmoon, Plakat). Kontes ini memperebutkan Piala Rektor Universitas Padjadjaran dan uang pembinaan. Pemberian hadiah diberikan kepada peraih juara 1, 2 dan 3 untuk setiap kategorinya, juara pada setiap kelas (grand champion), dan juara umum pada semua kategori” ujar Ujang Subhan.

    Kontes cupang ini diharapkan dapat terus berkelanjutan dan dapat menjadi inspirasi bagi kota Bandung dan kota-kota lainnya, sehingga produksi ikan hias unggulan di Indonesia semakin meningkat terutama ikan cupang. Dengan diadakan kontes ini secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang bergelut dibidang budidaya ikan cupang.


    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kenalkan Ikan Sejak dini sebagai bentuk Pengabdian, Karamba FPIK Unpad Gelar INTECHNOCULTURE Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top