• Latest News

    Monday, May 21, 2018

    Emang Mau saat Lebaran Bokek? Berikut Tips Anti Bokek saat Lebaran



    JAKARTA - Datangnya Bulan Suci Ramadhan harus dimaknai dengan baik, termasuk dengan mengelola keuangan pribadi atau keluarga. Hal ini menjadi penting dikala banyak agenda atau acara yang sering muncul dikala Ramadhan, mulai dari buka puasa bersama dengan temen kantor, kuliah, bahkan teman semasa sekolah dahulu.

    Selain banyaknya acara dadakan, bulan puasa juga menjadi tantangan tersendiri dalam mengelola kas pribadi dan keluarga, banyak kebutuhan seperti bahan pangan hingga kebutuhan lain yang datang bersamaan dengan bulan Ramadhan. cerita kantong jebol saat Ramadhan, duh enggak lagi deh, udah bukan zamannya.

    1. Perencanaan Keuangan


    Perencanaan keuangan selama bulan puasa perlu dilakukan agar semua kebutuhan dan pemasukan dapat terperinci dengan jelas, dan tentunya tidak besar pasak daripada tiang ya, dalam hal ini harus memperhatikan skala prioritas dalam mengalokasikan penghasilan, dan jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk bersedekah.

    2. Jangan Terlalu Sering Buka Bersama


    Silaturahmi saat bulan Ramadhan tentu akan membawa kebaikan hanya saja yang harus diperhatikan adalah tidak berlebihan dan tidak harus semua acara bukber dihadiri, ukur skala prioritas acara bukber yang akan dihariri, dengan ini pengeluaran yang berlebihan bisa dihindari.

    4. Buat Masakan Sendiri


    Bagi yang memiliki hobi atau gemar memasak bulan Ramadhan akan sangat mengasyikan ya, selain bisa berreasi dalam membuat menu sahur dan berbuka, hal ini juga akan membuat pengeluaranmu akan lebih irit dibandigkan harus membeli makanan dan minuman untuk santap sahur dan berbuka. Bayangkan dalam satu kali makan di sebuah restoran satu orang paling sedikit mengeluarkan uang Rp 100.000 untuk sekali makan, kalau dibelikan bahan baku maknaan pokok bisa banyak tuh, coba aja ke pasar.

    3. Catat Pengeluaran Untuk Hari Raya Lebaran


    Semakin mendekati Hari Raya Idul Fitri harga bahan kebutuhan pokok juga semakin meningkat, pengeluaran untuk bahan pangan ini tentu semakin meningkat, belum lagi untuk kue lebaran, baya mudik ke kampung halaman, hingga tunjangan hari raya untuk sanak saudara, nah berbagai keperluan ini perlu dicatat sebelum Lebaran, agar dapat terhitung dengan baik. Yang harus diperhatikan adalah jangan berlebihan harus sesuai dengan kemampuan finansial.

    5. Hari Raya Semua Tak Mesti Baru


    Tradisi baju baru saat Lebaran mungkin sangat mengasyikan bagi anak-anak, wajar saja setelah selama satu bulan penuh berpuasa, biasanya orang tua akan menghadiahkan anaknya baju baru, akan tetapi bagi kalian yag sudah memiliki penghasilan hal itu sudah tak lazim, karena esensi Lebaran tak harus baju baru. Lakukan mix and match dengan baju-baju yang kamu punya di dalam lemari yang sudah terlihat menumpuk. Lebaran masih bisa tampil oke dengan foto selfie kok tenang aja, bahkan abis Lebaran kamu jadi punya uang.

    6.  Fokus Ibadah


    Bulan Ramadhan tentu menjadi bulan yang amat dinanti bagi umat Muslim, karena banyak keistimewaan dalam bulan puasa yang satu ini, jangan sampai urusan keuangan menganggu aktivitas ibadah ya, perhatikan kondisi keuangan dengan cermat, dan fokus beribadah.

    7. THR Cair Sisihkan Uangmu!

    Pesta diskon dan potongan harga disaat tanggal-tanggal gajian dan Tunjangan Hari Raya akan semakin meggoda, namun hal ini harus dicermati dengan baik agar tidak terjebak dalam kebutuhan yang membengkak akibat nafsu semata, sisihkan uang THR, tabung, dan gunakan secukupnya ya, belanja boleh, berlebihan jangan, ingat komitmenmu dalam mengatur keuangan. Emang mau saat Lebaran Bokek?

    (PAJ)
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Emang Mau saat Lebaran Bokek? Berikut Tips Anti Bokek saat Lebaran Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top